PT. USSI

Komplek Perkantoran Gading Regency Blok A2 No.2, Jl. Gading Utama, Cisaranten Endah, Kec. Arcamanik, Kota Bandung, Jawa Barat 40292

Tentang Kami

PT USSI

PT USSI didirikan tahun 2003 yang sejak awal pendiriannya berfokus dan ber-spesialisasi dalam pengembangan produk dan penyelenggaraan layanan berbasis teknologi informasi untuk industri lembaga keuangan mikro (micro finance institution / MFI). Produk pertama yang menjadi unggulan dari PT USSI adalah aplikasi core microbanking system untuk lembaga keuangan mikro, dengan brand IBS - Integrated microBanking System. Dengan pengalaman implementasi lebih dari 4000 koperasi, BMT, LPD dan 800-an Bank Perkreditan Rakyat, konvensional maupun syariah di seluruh Indonesia,menjadikan USSI menjadi market leader penyedia sistem core micro-banking di Indonesia.

Selanjutnya, mulai tahun 2013, seiring dengan mulai munculnya fenomena disrupsi digital di berbagai bidang dimana salah satunya adalah terjadinya digitalisasi layanan keuangan (uberisasi perbankan), maka USSI pun mulai mengembangkan produk produk layanan keuangan berbasis digital (fintech - financial technology) untuk lembaga keuangan mikro: payment point online, rekening ponsel, internet banking, smartcard, ATM dan mobile banking. USSI bertekad menjadi penyedia platform layanan keuangan digital untuk lembaga keuangan mikro. Brand yang di-usung Adalah MEFS

Microfinance Electronic Financial Services

Kemudahan akan transformasi bisnis anda ke dunia digital menjadi lebih mudah, cepat dan efisien dengan mengggunakan aplikasi software produk USSI. Optimal, mudah di integrasikan dan fleksibel dalam pengembangan bisnis menggunakan platform software USSI. Kematangan sistem yang relevan dengan perkembangan teknologi yang berkelanjutan.

Memasuki tahun 2018, fenomena disrupsi digital khususnya di industri layanan keuangan semakin menguat dan semakin bergerak cepat. Kemunculan Ovo, Gopay, Dana yang hanya dalam waktu singkat berhasil menjadi market leader, telah menggeser posisi para pelaku industri layanan keuangan yang sudah jauh lebih dulu exist.

Mengantisipasi perkembangan tersebut, USSI memutuskan untuk melakukan percepatan proses transformasi. Pengembangan fintech dan penyelenggaraan layanan keuangan digital, harus di kelola secara khusus, bukan sebatas produk dan layanan pelengkap. Namun juga disadari, bahwa competitive advantage selama ini dalam produk core banking, harus tetap dijalankan dan bahkan diperkuat. Penguasaan core banking menjadi pintu masuk dan fondasi bagi penyelenggaraan bisnis layanan keuangan digital, sekaligus barrier entry bagi masuknya pesaing.

Langkah yang diambil untuk mencapai kedua hal tersebut adalah dengan melakukan proses spin-off. Produk dan layanan yang terkait core banking beserta turunannya, dikelola oleh perusahaan-perusahaan yang mandiri yang fokus pada akusisi lembagalembaga keuangan mikro melalui produk core banking. Sedangkan untuk pengembangan bisnis yang berbasis produk dan layanan keuangan digital (fintech), dikelola oleh PT USSI sendiri. PT USSI berperan sebagai pusat riset dan pengembangan produk serta menyediakan layanan managed-service untuk berbagai produk layanan keuangan digital lembaga keuangan mikro (MEFS - Microfinance Electronic Financial Services).