Blog

Webinar Solusi Digital Untuk Lembaga Keuangan

Gelombang revolusi 4.0 menyebabkan perubahan yang begitu cepat dalam teknologi digital, kehadiran fintech (financial technology) dengan berbagai varian, kemudahan akses dan proses telah membuat disrupsi (gangguan) bagi para pelaku industry keuangan eksisting tak terkecuali lembaga keuangan micro seperti BPR, BPRS, Koperasi, LPD, BMT dll.

Dalam sambutannya Rukanda Tahyana (Direktur Utama PT USSI PPS) mengungkapkan banyak hal yang menjadi solusi kedepan untuk digitalisasi yang bisa diterapkan di BPR.
PT USSI sebagai vendor Core Banking terbanyak di Indonesia pada 31 Desember 2020 pada catatan OJK tercatat 282 BPR atau 1331 kantor. PT USSI sudah mengembangkan dan terus berinovasi untuk berbagai produk layanan untuk mensupport BPR dalam rangka penerapan digitalisasi di BPR.

Hadi Wijaya selaku Head Syariah Transaction Banking mengungkapkan beberapa layanan dari Permata Bank Syariah yang menjadi solusi digitalisasi ini diantaranya :
1. Layanan Permata API
– transfer Out / transfer keluar, ini memungkinan lembaga keuangan melakukan transfer ke Bank Umum
– Bill Payment, mintra Permata dapat melakukan berbagai pembayanan berbasis Vistual Account
2. Layanan Transfer Account, dengan virtual account ini nasabah bisa menyetorkan simpanan dari bank.

Dalam webinar kali ini di bahas tuntas untuk menjawab permasalahan yang terjadi di lembaga keuangan micro dalam menghadapi gelombang revolusi 4.0, maka terbentuklah peta persaingan yang terlihat pada gambar di bawah :

Peta persaingan layanan keuangan di era digital
Peta persaingan layanan keuangan di era digital

Pada kesempatan ini Maman Tirta Rukmana selaku CEO PT USSI mengungkapkan bahwa “Dengan kurun waktu kurang lebih 6 tahun kebelakan muncul layanan telekomunikasi yang ikut serta pada layanan keuangan (Telco), kemudian muncul (lagi Laku) Pandai yang mana perbangkan di perbolehkan membuat agen layanan keuangan hingga pelosok, kemudian muncul lagi (Fintech) yang mana layanan transaksi keuangan sangat mudah di lakukan cukup dengan smartphone.”

Dalam peta pesaingan tersebut jelas tergambarkan bahwa sangat minim peluang dalam persaingan lembaga keuangan micro dengan layanan lain nya di karenakan benturan dari regulasi ataupun sumber daya yang terdapat pada masing-masing lembaga keuangan.

“Maka dari itu USSI hadir membuat platform teknologi untuk mendorong lembaga keuangan micro lainnya dengan teknologi digital, agar dapat bersaing dengan layanan keuangan lainnya (Telco, Laku Pandai dan Fintech)” tambahnya – CEO PT USSI.

Transformasi Lembaga keuangan Go Digital
Transformasi Lembaga keuangan Go Digital

Dalam kesempatan lain Abung Kusnaep selaku Chief Commercial Officer PT USSI mengungkapkan bahwa strategi efisiensi yang dapat dilakukan BPR/S atau Lembaga Keuangan Non Bank adalah melalui digitalisasi proses bisnis atau digitalisasi transaksi, dengan digitalisasi ini diharapkan proses bisnis akan semakin efisien dan efektif. BPR/S mesti menerapkan standar teknologi informasi dengan maksimal dengan memiliki kanal-kanal yang memberikan pelayanan lebih baik kepada nasabahnya. Beberapa produk layanan PT USSI yang bisa diterapkan di BPR/S dalam rangka penerapan teknologi diantara IBS Mobile (Mobile Banking), Virtual Account, ATM Cardless, IBS Brahcless, ada IBTS untuk Disbursement dll.

IBS Mobile digunakan oleh nasabah untuk bisa melakukan berbagai transaksi pembayaran, pembelian, top up berbagai emoney maupun untuk kebutuhan transfer antar rekening, antar lembaga (BPR, BPRS, Koperasi, BMT dan Lembaga Keuangan lainnya) ataupun transfer ke Bank Umum. ATM Tanpa Kartu digunakan untuk melakukan transaksi SETORAN atapun PENARIKAN secara tunai melalui mesin ATM yang juga memanfaatkan IBS Mobile sebagai sarana untuk permintaan TOKEN untuk bisa bertransaksi melalui ATM Ini. Melaui Virtual Account Nasabah lembaga keuangan dapat menyetorkan dana simpanannya melalui kanal perbankan (ATM, Mobile Banking dll), pencatatan akan masuk secara realtime masuk ke Core System sehingga tidak perlu lagi dicatat kembali model konvensional.

untuk lebih jelas dan lengkap nya bisa langsung di tonton hasil webinar di Youtube kami.

Dokumen webinar bisa di download DISINI. Terimakasih

Leave a Reply


Your email address will not be published. Required fields are marked *